Mengenal Apa Itu Investasi Syariah dan Jenis - Jenisnya

Posted by KarimGanas on 18.51 in ,

 

Menjalankan hidup sesuai aturan agama merupakan hal penting bagi umat muslim. Salah satu wujudnya adalah dengan melakukan investasi yang sesuai dengan anjuran agama. Investasi sendiri ada yang investasi syariah dan investasi non syariah. Investasi non syariah lebih dikenal dengan investasi konvensional. Jika Anda ingin investasi yang halal, maka sudah pasti investasi syariahlah yang harus dipilih.

Jika Anda ingin melakukan investasi, maka pilihlah investasi syariah. Apa itu investasi syariah? Investasi syariah merupakan penanaman modal yang masyarakat lakukan dengan tujuan mendapatkan keuntungan sesuai prinsip dan hukum Islam. Untuk di Indonesia sendiri, investasi konvensional akan langsung diawasi OJK sedangkan investasi berbentuk syariah akan diawasi secara langsung oleh MUI atau Majelis Ulama Indonesia.

Ada banyak sekali keuntungan dari investasi syariah mulai dari bebas riba. Riba sendiri merupakan segala sesuatu yang mendapatkan tambahan atas pokok hartanya. Jadi apa saja yang ditambahkan ke seseorang tanpa adanya perdagangan ataupun usaha untuk bersusah payah, itu artinya riba. Kemudian keuntungan selanjutnya adalah tidak adanya grahar dan juga maysir. Grahar sendiri pertaruhan sedangkan maysir artinya mendapatkan sesuatu tanpa melakukan kerja keras terlebih dulu. Dan keuntungan terakhir menggunakan akad. Jadi kelebihan yang ada pada investasi syariah adalah akad. Akad yang terjadi di investasi syariah berupa akad musyarakah, ijarah dan juga mudharabah.

Ada banyak sekali jenis investasi yang ada pada investasi syariah. Pertama, deposito syariah. Investasi satu ini adalah investasi yang menguntungkan yang merupakan bagian dari bank syariah dimana Anda nanti akan menaruh uang ke bank syariah dalam bentuk deposito. Dengan menaruh uang ke bank syariah, Anda tidak bisa mengambil lagi uang tersebut dalam jangka waktu tertentu.

Kemudian ada investasi reksadana syariah. Pada investasi satu ini Anda hanya harus menyertakan modal yang nantinya akan dikelola oleh manajer investasi kemudian uang tersebut disalurkan ke perusahaan yang didalamnya akan melewati proses sesuai ketentuan syariah.

Ketiga, saham syariah. Perlu diketahui bahwa saham syariah merupakan surat berharga atau efek yang ada konsep penyertaan modal dimana didalamnya terdapat juga hak bagi hasil usaha dengan sesuai prinsip syariah. Produk dari saham syariah pun telah diatur pada fatwa DSN MUI tentang Penerapan Syariah di Bidang Pasar Modal. Dengan kehadiran dari fatwa tersebut tentunya telah berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang merujuk pada Al-Qur’an Surat Al-Bawarah ayat 275 dan juga Surat An-Nisa ayat 29.

Dan terakhir adalah investasi lewat P2P Lending Syariah Amartha. Untuk Anda yang ingin belajar investasi, investasi ini bisa Anda coba nanti.  Anda bisa melakukan investasi yang bebas riba, selalu transparan dan hasil keuntungan yang akan selalu didasarkan pada prinsip dan hukum Islam.